Close

May 29, 2020

5 Manfaat ERP Ini Bantu Manajemen Keuangan Perusahaan Anda

erp

Dua bulan sudah kita melakukan Work From Home (WFH) semenjak PSBB diberlakukan di beberapa daerah dan pandemi Covid-19 yang kian meluas penyebarannya di seluruh dunia. Lalu, agar kondisi keuangan Anda khususnya perusahaan dapat tetap stabil, kita pun dapat menggunakan Enterprise Resource Production (ERP) untuk meng-handle urusan tersebut.

Menurut data yang dirilis oleh selecthub.com, sebanyak 30 persen perusahaan membutuhkan waktu kurang lebih 6 bulan untuk mengambil keputusan. Hal semacam itu tentu dapat berakibat pada terhambatnya perkembangan bisnis Anda bila Anda tak menggunakan ERP sebagai salah satu cara untuk pengambilan keputusan yang cepat dan akurat.

5 Manfaat ERP dalam Manajemen Keuangan

ERP yang merupakan sebuah sistem yang digunakan oleh perusahaan untuk mengelola dan mengintegrasikan berbagai bagian penting suatu bisnis serta mengumpulkan data keuangan.  Lalu, apa saja manfaat dari ERP dalam manajemen keuangan?

Manfaat-manfaat dari ERP yakni seperti berikut:

  • Pemonitoran Keuangan Jadi Lebih real-time

Semisal, Anda ingin mengetahui perkembangan terbaru dari kondisi cashflow di perusahaan dengan segera untuk menyusun rencana produksi pada bulan depan. Lalu, bagaimana cara mengetahui kondisi keuangan dengan segera?

Pada ERP terdapat fitur berupa profit tracking. Fitur ini mampu menujukan pada kita kondisi terkini dari bisnis yang dikelola dengan keuangan perusahaan dan mampu melacak dari sektor mana yang paling banyak mendatangkan laba secara  real-time.

Tak hanya itu, fitur itu pun juga mampu melacak biaya guna mengevaluasi berapa banyak biaya yang telah Anda keluarkan pada bisnis yang Anda kelola tersebut

  • Pengintegrasian dan Automasi Data Jadi Lebih Mudah

Jika sebelum ada ERP Anda mencari data-data dari dokumen tertentu secara satu-persatu, kini dengan adanya ERP, Anda pun dapat mengintegrasikannya pada satu database terpusat secara otomatis. Lalu, bagaimana caranya?

Misalnya, saat suatu inventory telah penuh dan mencapai batas level yang telah ditentukan, maka secara otomatis sistem akan memberitahukan pada tim pengadaan barang untuk menata ulang inventory tersebut.

Pada ERP sendiri terdapat fitur seperti account payable. Fitur ini berfungsi untuk mengintegrasikan data pembayaran Anda dengan sistem purchasing untuk mengendalikan cashflow Anda. Yang mana dengan account payable ini Anda dapat dengan pasti kapan Anda harus membayar tagihan Anda.

  • Laporan Keuangan Jadi Lebih Detil

Menghasilkan laporan keuangan yang terperinci guna mengetahui dimana letak bagian operasi perusahaan yang belum optimal atau hanya sekadar ingin mengetahui pemasukan dan pengeluaran perusahaan akan lebih mudah didapatkan dengan menggunakan ERP.

Fitur seperti analisa yang terdapat pada ERP menyediakan akses real-time pada data keuangan perusahaan Anda. Selain dapat menunjukan pada Anda produk mana yang kurang menghasilkan uang, adaya dashboard pada ERP dapat menampilkan data penjualan, prakiraan penjualan, biaya, dan komponen finansial keuangan lainnya yang membuat laporan keuangan kita jadi lebih detil.

Semisal, saat Anda membutuhkan laporan dari departemen penjualan Anda dengan segera guna memperkirakan seberapa besar laba yang akan didiapat oleh sebuah produk beserta hasil penjualannya di bulan selanjutnya, maka dengan fitur analisa ini Anda pun bisa mendapatkan lapora yang Anda inginkan tanpa membutuhkan waktu yang lama dan Anda pun dapat mengalokasikan waktu Anda untuk mengerjakan tugas lainnya.

  • Meminimalisir Human Error

Masalah-masalah akuntansi seperti salah menginputkan data dapat Anda minimalisir dengan menggunakan ERP. Termasuk pula halnya memanajemen buku besar.

Fitur manajemen buku besar pada ERP dapat menunjukan pada kita seluruh catatan catatan transaksi penjualan. Terlebih lagi fitur ini terintegrasi dengan berbagai macam modul ERP lainnya seperti manajemen inventory atau Customer Relationship Management (CRM).

Sebuah entri yang umumnya dibuat langsung pada sebuah buku besar terkadang masih menimbulkan kesalahan seperti misalnya salah pencatatan. Agar kesalahan tersebut tidak terulang di masa mendatang, kini penggunaan ERP pun amat dibutuhkan utamanya yang menyangkut dengan urusan keuangan secara langsung.

Anda pun dapat pula megidentifikasi adanya transaksi aneh atau penipuan dengan mudah tanpa membutuhkan waktu yang lama sebab sistem akan menginformasikan hal tersebut kepada Anda secara otomatis.

  • Pengelolaan Tagihan, Pembayaran, dan Pendapatan Lebih on time

Urusan-urusan yang berkaitan dengan keuangan seperti tagihan, pembayaran, dan pendapatan jika sebelumnya dilakukan secara manual dan memakan waktu cukup lama, kini dengan menggunakan ERP selain lebih efektif pun juga jadi lebih on time.

Terintegrasinya ERP dengan salah satu sistem seperti CRM mampu mengotomasi notifikasi pada pelanggan sekaligus mencegah komplain yang timbul akibat tidak ada pemberitahuan terkait informasi penagihan dan tenggat pembayaran.

Tak hanya itu saja, manfaat dari pengintegrasian tersebut yakni juga mampu melakukan penganalisaan keuangan, pelacakan laba, penganggaran, investasi, dan lain sebagainya.

***

Pengelolaan keuangan termasuk di dalamnya yakni cashflow jadi suatu hal yang harus dilakukan dengan hati-hati agar tetap seimbang dan tetap dapat berjalan stabil. Adapun ERP sebagai sebuah sistem yang digunakan untuk mengelola dan mengintegrasikan berbagai bagian penting suatu bisnis jadi salah satu solusi yang dapat Anda gunakan untuk meng-handle urusan tersebut dengan salah satu manfaatnya yaitu dapat membuat laporan keuangan Anda jadi lebih detil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× How can I help you?