Close

June 4, 2020

Berikut 5 Tips Manajemen Risiko di Tengah Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 yang membuat sejumlah perusahaan dan organisasi memberlakukan work from home sebagai bentuk penerapan physical distancing agaknya perlu dibarengi pula dengan upaya memanajemen risiko guna menghindari hal-hal yang dapat mengganggu kelangsungan bisnis Anda di kemudian hari.

Manajemen risiko merupakan sebuah cara yang diambil oleh sebuah perusahaan atau organisasi untuk meminimalkan dan mencegah terjadinya risiko dimana tujuan diterapkannya manajemen risiko tersebut antara lain untuk membantu pembuatan kerangka kerja, sosialisasi manajemen risiko, meningkatkan kinerja perusahaan, dsb.

4 Tips Manajemen Risiko

Masalah-masalah seperti timpangnya finansial perusahaan, berkurangnya pegawai, data yang bisa saja diretas sewaktu-waktu bila tidak rutin meningkatkan keamanannya, dsb, adalah serangkaian risiko yang bisa saja timbul di masa pandemi Covid-19 ini. Dimana untuk menghindari risiko tersebut, Anda pun dapat mencegahnya lewat beragam cara agar bisnis Anda tetap dalam kondisi baik.

Berikut tips yang dapat Anda terapkan untuk memanajemen risiko di masa pandemi:

  • Identifikasi Sektor Bisnis Anda yang Rentan Risiko

Mengidentifikasi sektor mana yang akan menimbulkan risiko potensial pada bisnis Anda selama pandemi Covid-19 adalah tips pertama dari manajemen risiko yang dapat dilakukan oleh masing-masing perusahaan.

Proses identifikasi tersebut umumnya meliputi antara lain identifikasi proses bisnis/sistem yang krusial, identifikasi pengecualian proses yang membutuhkan kontak fisik secara langsung, identifikasi kesehatan dan kenyamanan pegawai Anda dengan menerapkan protokol kesehatan, identifikasi fungsi esensial bisnis Anda dengan rutin melakukan pemonitoran, dll.

Bilamana proses pengidentifikasian tersebut telah Anda terapkan pada bisnis Anda, maka Anda pun tak perlu mencemaskan lagi risiko yang timbul dari sektor yang rentan menimbulkan risiko potensial yang dapat mengganggu kelangsungan bisnis Anda selama masa pandemi ini.

  • Komunikasikan dengan Klien terkait Kondisi Perusahaan

Tips kedua yang juga penting demi menjaga kalangsungan hubungan kerjasama perusahaan Anda dengan klien yaitu rutinlah berkomunikasi dengan klien dengan mengabarkan kondisi terkini dari perusahaan Anda.

Yang mana dalam hal ini Anda harus aktif memberitahu setiap klien yang bekerjasama dengan perusahaan Anda terkait kendala yang tengah dihadapi bserta solusi bagi mereka agar hubungan kerjasama yang tengah berlangsung tidak terganggu oleh kendala-kendala yang ada.

Pemberitahuan mekanisme pembayaran, pelaporan perkembangan pengerjaan produk, dan sejenisnya, merupakan hal-hal yang bisa Anda lakukan demi menjaga kepercayaan klien pada perusahaan Anda.

  • Tingkatkan Keamanan Data Perusahaan Anda

Mengamankan data perusahaan merupakan tips ketiga yang harus Anda lakukan demi menjaga stabilitas bisnis Anda kedepannya agar dalam penyusunan rencana produksi hingga mengambil keputusan terkait customer loyalty pun tetap mudah.

Ancaman cyber seperti data breach, phising, hacking, dan sejenisnya, adalah serangkaian ancaman yang patut Anda waspadai yang sewatku-waktu bisa mengganggu keamanan data Anda. Oleh karena itu, menyewa jasa IT security sampai dengan menggunakan media penyimpan seperti cloud dengan tingkat keamanan yang mumpuni.

Bagi perusahaan sendiri, cloud storage yang masuk dalam kategori mumpuni yakni mencegah hilangnya data yang terdiri dari informasi pribadi yang bersifat sensitif dan mampu mengurangi risiko gangguan yang masuk melalui perangkat atau jaringan yang tidak aman serta meminimalisir celah VPN yang tidak diperlukan.

  • Tingkatkan Keamanan Data Pelanggan Anda

Mengamankan data pelanggan merupakan aspek penting untuk menjaga kelangsungan bisnis sekaligus menjaga kepercayaan pelanggan pada perusahaan Anda.

Oleh karena itu, agar data pelanggan Anda tetap aman, Anda pun harus melindunginya dengan berbagai cara seperti membatasi akses ke data berharga Anda, mengenkripsi data-data sensitif, memberlakukan autentikasi multi faktor, dan menyimpannya pada media penyimpanan terpusat.

Yang mana jika cara-cara tersebut telah Anda terapkan maka ancaman cyber pun agaknya sulit mengganggu keamanan data pelanggan Anda.

***

Manajemen risiko merupakan salah satu cara yang harus Anda lakukan di tengah kondisi yang serba tak menentu akibat pandemi Covid-19 yang telah melanda di hampir seluruh dunia. Berbagai cara pun harus Anda terapkan demi memanajemen risiko yang datang sewaktu-waktu seperti mengidentifikasi sektor bisnis mana yang rentan risiko sampai dengan meningkatkan keamanan data perusahaan dan pelanggan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× How can I help you?