Close

February 17, 2020

Kenali Tipe-Tipe Cloud Computing Berikut Ini

cloud-services

Penyimpanan yang aman dan tak rentan terserang oleh aneka ancaman cyber kini menjadi salah satu poin penting dalam menjalankan suatu bisnis. Hadirnya teknologi cloud computing pun kerap dijadikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Menurut survei flexera.com, dari 786 profesional IT, sebanyak 94 persen responden mengaku telah menggunakan cloud untuk mempermudah urusan-urusan mereka yang berkaitan dengan aktivitas bisnis dimana jumlah itu terdiri dari 91 persen pengguna public cloud, 72 persen pengguna private cloud, dan 69 persen sisanya merupakan pengguna hybrid cloud. Yang mana data-data tersebut telah menunjukan bahwa penggunaan cloud amat dibutuhkan untuk mempermudah pekerjaan banyak orang khususnya untuk online storage.

Tipe-Tipe Cloud Computing

Seiring dengan popularitasnya yang terus meningkat, cloud yang merupakan suatu online storage dimana didalamnya terdiri dari data storage, server, database, network, dan software, cloud computing sendiri memiliki beberapa keuntungan seperti mampu menghemat biaya, aman, fleksibel, mampu meningkatkan kolaborasi, dsb. Tapi, tahukah Anda tipe-tipe dari cloud computing itu sendiri?

Tipe-tipe dari cloud computing yakni sebagai berikut:

  • Public Cloud

Penyimpanan yang menggunakan public cloud merupakan tempat penyimpanan untuk data-data yang dapat diakses secara publik. Sebanyak 31 persen bisnis dari survei yang dirilis oleh flexera.com telah menggunakan public cloud untuk menunjang aktivitasnya. Memang, apa keuntungan yang didapat saat menggunakan public cloud untuk bisnis?

Keuntungan yang akan Anda dapatkan dari penggunaan public cloud ini pada bisnis Anda antara lain mampu meningkatkan keamanan dari penyimpanan sebelumnya yang rentan diretas, mampu menghemat waktu dan biaya dari yang sebelumnya Anda harus mengatur keseluruhan data yang tersimpan di cloud dan memerlukan biaya maintenance dan pembaruan yang besar, serta dapat membebaskan pegawai Anda untuk mengerjakan tugas-tugas lain di perusahaan Anda.

Suatu contoh kasus penggunaan cloud, semisal, untuk menyimpan data-data penting perusahaan Anda, menggunakan online storage macam cloud ini dapat membuat data-data tersebut menjadi lebih aman dari aneka serangan data breach dan paling penting yaitu adanya cloud ini dapat membuat reputasi perusahaan Anda meningkat dan klien Anda pun makin percaya pada bisnis yang dikelola oleh perusahaan Anda

  • Private Cloud

Perbedaan yang cukup kentara antara private cloud dengan public cloud yaitu terletak pada tipe penggunaannya. Yang mana private cloud ini ditujukan untuk menyimpan data-data yang bersifat pribadi. Lalu, apa kelebihan yang dimiliki oleh tipe cloud ini dibandingkan dengan public cloud?

Kelebihan yang dimiliki oleh private cloud ini diantaranya yaitu dalam pengaksesan, pengaturan, dan pembaruan platform menyesuaikan dengan kebutuhan, pun mampu pula untuk menyesuaikan penggunaan sumber daya secara lebih baik yang menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Namun sayangnya, penggunaan private cloud ini jumlahnya masih tertinggal cukup jauh dari tipe cloud lain seperti public cloud dan hybrid cloud. Berdasarkan hasil survei yang dirilis oleh flexera.com, disebutkan bahwa sebanyak 17 persen responden private cloud menempatkan tipe cloud tersebut pada urutan keempat terendah dari keseluruhan tipe cloud yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan.

Image By flexera.com
  • Hybrid Cloud

Misalnya, untuk mengakomodir suatu kebutuhan penyimpanan yang bersifat publik, maka Anda menggunakan public cloud untuk berinteraksi dengan para customer Anda. Sementara itu, untuk menjaga data-data dari para customer Anda agar tetap aman, maka Anda pun dapat menggunakan private cloud.

Hybrid cloud yang berarti Anda menggunakan kedua tipe cloud baik private maupun public cloud ini kini banyak digunakan oleh banyak perusahaan dalam mendukung aktivitas bisnis yang tengah dijalankan. Hal itu pun diperkuat dari jumlah penggunaannya yang meningkat dari tahun 2018, yang semula 51 persen meningkat ke 58 persen di tahun 2019.

Adapun manfaat yang didapatkan dari penggunaan hybrid cloud antara lain mampu meningkatkan konektivitas, membuat sistem jadi lebih aman, dan scalable

  • Community Cloud

Community cloud merupakan suatu tipe cloud yang ditujukan untuk perseorangan atau organisasi guna mempermudah dalam urusan penyimpanan data. Lalu, apa saja manfaat yang didapat dari penggunaan community cloud ini bagi Anda maupun organisasi Anda?

Manfaat dari community cloud bagi pribadi atau organisasi tersebut diantaranya yakni mampu menjangkau mitra bisnis Anda, mampu mem-branding organisasi Anda, mampu membuat organisasi atau perusahaan Anda menjadi berbasis online, dsb.

***

Menyimpan data-data penting yang terdapat pada perusahaan dapat Anda lakukan dengan menyimpannya pada suatu online storage seperti cloud. Keuntungan yang kita dapat dari menggunakan platform ini antara lain mampu menghemat biaya, aman, fleksibel, mampu meningkatkan kolaborasi, dsb. Ragam tipenya seperti public, private, hybrid seperti yang dimiliki oleh cloud provider, dan community cloud pun memiliki manfaat ;secara spesifik bagi masing-masing individu atau perusahaan agar penyimpanan mereka menjadi lebih praktis dan mudah diakses kapanpun dan dimanapun meski dalam kondisi yang tak memungkinkan sekalipun seperti banjir.

Silakan kontak kami untuk solusi cloud bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× How can I help you?