Close

Peristiwa bencana alam terkadang dapat memberikan dampak buruk bagi suatu bisnis yang tengah dijalankan. Seperti halnya bencana banjir yang kini tengah melanda beberapa daerah di Indonesia ini dapat menimbulkan beberapa risiko macam kerusakan pada data-data Anda yang bersifat penting.

 

 

Manajemen risiko yang baik dalam dunia bisnis umumnya dilakukan dengan beberapa cara meliputi mengindikasi dan menganalisa potensi risiko yang akan timbul serta berjaga-jaga dengan menyiapkan langkah-langkah antisipatif untuk menangani risiko tersebut.

Guna menjaga agar data-data Anda tetap aman, proteksi terhadap data-data Anda pun perlu Anda tingkatkan salah satunya dengan cara menyimpannya pada online storage.

 

3 Tips Cegah Kerusakan Data

Kerusakan data pada komputer atau gadget  Anda lainnya adalah salah satu dari sekian dampak yang ditimbulkan dari bencana banjir yang melanda DKI Jakarta dan daerah-daerah lain di Indonesia. Misalnya, di sektor ritel, menurut ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO), Roy Mandey, banjir
di daerah Jabodetabek telah mengakibatkan 400 toko merugi dengan total kerugian diperkirakan mencapai hingga Rp. 1,2 triliun dimana tentu tak hanya kerugian secara materil saja melainkan pula tidak menutup kemungkinan kerugian pada data-data yang hilang saat akibat genangan banjir yang tidak sempat
diselamatkan dengan menyimpannya pada suatu online storage yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun.

 

Untuk dapat mengantisipasi kerusakan data akibat banjir, 3 tips ini dapat Anda terapkan untuk mencegahnya yang mana tips-tipsnya antara lain:

 

Simpan File Anda Di Cloud

Bencana alam seperti banjir tentu dapat menyebabkan beberapa kerugian. Misalnya, kerugian pada hilangnya data yang ada pada komputer atau gadget Anda lainnya. Cloud yang merupakan suatu teknologi yang memungkinkan kita untuk menyimpan dan mengakses ragam file Anda lewat internet ini pun perlu Anda jadikan sebagai salah satu online storage untuk menyimpan file Anda termasuk dalam situasi bencana alam seperti banjir akhir-akhir in. Besarnya kapasitas yang dimiliki oleh sebuah online storage macam cloud hingga 1 exabyte atau 1024 petabyte ini pun memiliki banyak manfaat bagi Anda untuk memanajamen kerusakan data akibat banjir. Apa saja manfaatnya?

 

Antara lain mampu memberikan efisiensi pada operasi bisnis yang meliputi penghematan biaya operasional, aman dengan fasilitas layanan privat, dan merupakan teknologi yang cocok bagi perusahaan skala kecil, menengah, dan besar untuk mem-backup serta mengembalikan semua data dan file Anda dalam hitungan menit saja

Gunakan Aplikasi Project Management

Apa saja manfaat yang kita dapat dari aplikasi project management ini disaat kita tak dapat bekerja seperti biasanya saat terdampak banjir?

Project management ini dapat memberikan Anda banyak manfaat mulai dari mampu membuat project planning jadi lebih realistis, meeting jadi lebih efektif, mudah mengolaborasikan tim Anda dimana saja, dan yang terpenting saat Anda tengah berada pada situasi banjir, urusan terkait dokumentasi dokumen jadi lebih mudah dan akurat dengan project management ini

 

Kini Anda pun tak perlu khawatir lagi terkait kelangsungan project Anda. Misalnya, jika saat kantor Anda tergenang banjir dan di situasi yang sama Anda dihadapkan dengan ketatnya deadline, maka dengan menggunakan project management, Anda pun dapat me-remote pekerjaan Anda dari mana saja. Adanya project management yang telah menjadi salah satu teknologi baru dalam memoderasi pekerjaan Anda ini merupakan software berbasis cloud yang digunakan oleh kebanyakan perusahaan untuk project planning, penjadwalan, alokasi resource, dan mengubah manajemen yang mana mengizinkan project manager, stakeholder, dan user untuk melakukan serangkaian aktivitas mulai dari pengendalian biaya operasional, memanajemen kualitas, serta merupakan suatu peranti yang cocok bagi semua orang yang terlibat dalam suatu project untuk berkomunikasi dan berkolaborasi

Gunakan Aplikasi Document Management System (DMS)

Semisal, Anda ingin mengumpulkan berbagai macam dokumen keuangan untuk Anda jadikan laporan keuangan bulanan yang sayangnya dokumen-dokumen yang Anda butuhkan justru telah tersebar kemana-mana akibat bencana banjir tentu itu bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan  Apakah ada cara atau peranti yang cocok untuk memanajemen dokumen ditengah situasi banjir seperti akhir-akhir ini?

 

Document Management System (DMS) adalah salah satu peranti yang tepat untuk Anda pakai pada situasi dan kondisi tersebut. Aplikasi DMS ini hadir sebagai bentuk terbaru dalam memanajemen dokumen yang menggantikan cara lama dengan menggunakan kertas dan pulpen. Kehadiran aplikasi ini yang mampu membuat penyimpanan dokumen Anda jadi lebih mudah dan otomatis serta yang paling penting dengan DMS ini Anda dapat meningkatkan produktivitas kerja Anda. Lalu, dengan aplikasi DMS ini apa saja keuntungan yang kita dapatkan?

 

Keuntungannya antara lain informasi dan data Anda terpusat pada satu sumber, mengurangi penuhnya ruang penyimpanan akibat dari dokumentasi dokumen berbasis kertas, mengefisienkan proses pencarian informasi yang Anda perlukan dar yang semula 9,3 jam per pekan menurut survei situs McKinsey menjadi lebih cepat hanya dalam hitungan menit saja  dan fungsi penting dari DMS ini yaitu DMS ini dapat diakses kapan saja dan dimana saja dalam kondisi dan situasi apapun termasuk pula saat banjir

 

***

Agar dokumen-dokumen atau file penting di perusahaan Anda tidak hilang ataupun rusak dari terjangan banjir, maka Anda pun perlu menerapkan serangkaian langkah-langkah antisipatif untuk mencegahnya. Seperti salah satunya yakni dengan menggunakan beberapa aplikasi yang mampu memberikan banyak manfaat antara lain menghemat waktu, menekan biaya operasional, memperlancar operasi bisnis, sampai dengan kemudahan mengakses informasi kapanpun dan dimanapun lewat aneka aplikasi milik Avolut seperti Document Management System (DMS), project management, dan online storage seperti cloud yang mampu mendukung segala aktivitas Anda dalam kondisi dan situasi apapun.

 

Silakan kontak kami untuk solusi aplikasi bisnis Anda.

× How can I help you?