Close

February 5, 2020

Kolaborasi Praktisi dan Akademisi Dorong Kemajuan Teknologi Indonesia

Di era transformasi digital seperti saat ini kontribusi dari berbagai pihak amat dibutuhkan dalam rangka mempercepat dan memperlancar suatu pekerjaan agar dapat selesai tepat pada waktunya.

Kolaborasi yang menjadi faktor krusial dalam jalannya suatu bisnis ini telah memberi banyak manfaat bagi banyak orang terutama pada peningkatan produktivitas operasi bisnis suatu perusahaan. Sementara teknologi sendiri telah menjadi peranti baru dalam bekerja sekaligus menjadi kunci kesuksesan pada transformasi digital itu sendiri.

Senada dengan hal tersebut, di acara AISINDO IS Chief Information Officer (CIO) yang diselenggarakan oleh AISINDO dengan didukung oleh Avolut dan perusahaan lainnya, presiden terpilih AISINDO 2020-2024, Abdul Ghofur menuturkan bahwa peran kolaborasi amat mendukung kemajuan Indonesia di masa mendatang.

“Untuk fokus AISINDO saat ini adalah menghubungkan industri dengan kampus. Serta mengolaborasikan praktisi dengan akademisi untuk mendorong kerjasama yang memiliki dampak kemajuan untuk Indonesia,” ungkap Ghofur.

Dalam acara tersebut, dirinya pun juga mengungkapkan bahwa AISINDO akan berperan aktif sebagai akselerator atas program-program pemerintah yang telah berjalan.

“AISINDO akan berperan aktif dalam mengakselerasi program tersebut serta menghubungkannya dengan program yang telah berjalan seperti gerakan 1001 start-up digital milik Kemenkominfo RI, Millenial Job Center (MJC) milik Pemprov Jatim, hingga kerjasama dengan organisasi lain seperti Kadin atau HIPMI di bidang internship,” lanjut Ghofur

Ditambahkan pula oleh Abdul Ghofur yang juga presiden direktur dari PT. Andromedia, sebuah perusahaan IT yang bergerak di bidang digital solution ini menyangkut tentang program Kampus Merdeka yang digagas oleh Mendikbud RI, Nadiem Makariem, dirinya menyatakan bahwa hal itu telah sejalan dengan visi yang diusung oleh AISINDO.

“Semangat Kampus Merdeka tersebut selaras dengan visi strategis AISINDO dimana AISINDO berkomitmen menjadi yang terdepan dalam mengolaborasikan industri dengan kampus dan praktisi dengan akademisi,” tambah Ghofur.

Kolaborasi pun kini telah menjadi suatu hal yang dapat membuat pekerjaan Anda jadi lebih dinamis dengan melibatkan berbagai macam orang dari dalam perusahaan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Menurut hasil survei dari situs bit.ai, disebutkan bahwa sebanyak 99,1 persen responden menganggap bahwa kolaborasi dengan diskusi intens dapat meningkatkan efektifitas pekerjaan mereka.

Image By bit.ai

Guna mendukung pekerjaan yang kolaboratif peran teknologi digital amat diperlukan untuk mewujudkan hal tersebut.

Seperti halnya dengan menggunakan beberapa software milik Avolut macam Document Management System (DMS), task management, project management, cloud, dsb, yang mana ragam software tersebut memungkinkan Anda untuk bekerja secara remote, memperbaiki komunikasi dan kolaborasi internal, sampai dengan mampu memperbaiki interaksi tim.

Kini adanya kolaborasi pada suatu pekerjaan selain dapat membuat pekerjaan jadi lebih dinamis pun juga dapat memberi beragam keuntungan seperti mampu menekan biaya operasional perusahaan sekaligus mampu menghemat waktu dengan bantuan aneka software yang mendukung kolaborasi itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× How can I help you?