Close

March 2, 2020

Server: Pengertian dan Trennya Di Tahun 2020

online-server

Penerimaan informasi yang cepat merupakan salah satu aspek yang mempengaruhi perkembangan bisnis Anda kedepan.

Maka dari itu, server dengan kemampuan mumpuni kini banyak digunakan oleh banyak perusahaan dalam mengakses aneka data dan informasi.

Server yang tak hanya sebagai tempat penyimpanan tetapi juga sebagai prosesor untuk menangani berbagai macam proses dari user.

Server pun kini telah memiliki beragam jenis antara lain proxy server, cloud server, web server, virtual server, dsb, yang mana semua jenis tersebut juga memiliki fungsinya masing-masing.

Perbedaan Server dan Storage

Server adalah sejenis peranti software atau hardware yang menerima dan merespon permintaan yang dibuat pada jaringan. Sementara bagian yang membuat permintaan dan menerima respon dari server disebut dengan user. Lalu, dimana server ini disimpan?

Umumnya, server ini disimpan pada sebuah closet atau glass house yang merupakan sebuah ruangan yang banyak digunakan oleh perusahaan besar untuk meletakan perlengkapan jaringannya seperti router, switches, dan firewall.

Lalu, untuk server yang tidak di host biasanya ditempatkan pada sebuah data center yakni infrastruktur fisik yang terdiri dari jaringan komputer dan penyimpanan yang digunakan oleh suatu perusahaan untuk mengatur, memproses, dan menyimpan sejumlah data yang dimilikinya.

Storage adalah sebuah pemrosesan data yang tersimpan dalam data storage baik data sementara seperti e-mail maupun data permanen seperti data keluarga yang mana perangkat penyiimpananini pun juga memiliki dua tipe umum yakni primary storage seperti RAM dan secondary storage seperti hard drive, flashdisk, dsb.

Tren Server Tahun 2020

Untuk mendukung aktivitas bisnis yang kini tengah Anda jalankan, kebutuhan server Anda haruslah mengikuti dan menyesuaikan dengan perkembang tren terkini. Menyangkut soal tren server, selengkapnya dapat Anda simak informasi detilnya sebagai berikut:

  • Manajemen Keamanan Cloud

Cloud security management merupakan suatu manajemen keamanan data pada cloud dimana user menympan data storage yang terkoneksi internet.

Semisal pada e-mail dimana kebanyakan orang tidak menyimpannya pada masing-masing gadget pribadinya melainkan pada penyimpanan e-mail itu sendiri karena telah terkoneksi secara otomotis dengan internet. Lalu, ada berapa tahapan pada cloud security management tersebut?

Terdapat sebanyak delapan tahapan pada cloud security management antara lain memastikan tata kelola yang baik dan efektif, mengaudit operasi dan proses bisnis, menentukan pemegang hak akses, mengatur perlindungan data yang layak, mengatur kebijakan privasi, pertimbangkan pengaturan keamanan cloud, pastikan jaringan dan koneksi cloud aman, cek infrastrutkur fisik dan kontrol keamanan

  • Load Balancing dengan AI

Suatu server dapat bekerja secara optimal umumnya karena memiliki kemampuan load balancing.Terlebih kini hal itu turut ditunjang pula dengan adanya Artificial Intelligence (AI).

Load balancing sendiri yakni pembagian proses pengerjaan antara dua atau lebih komputer, network link, alat penyimpanan, ataupun penyimpanan lainnya yang biasanya diterapkan pada hardware atau software dengan didukung beberapa server. Yang mana server kini telah didukung dengan kehadiran teknologi AI untuk mendukung load balancing itu sendiri

AI merupakan salah satu teknologi terdepan dalam membuat pekerjaan seseorang menjadi lebih sederhana atau lebih menghemat waktu kini mulai banyak diterapkan dalam beberapa industri bisnis seperti kesehatan, angkutan umum, agrikultur, keuangan, ritel, dsb.

Contoh penerapannya pada industri kesehatan yakni suatu diagnostik yang dilakukan oleh AI dengan mengambil data pasien mampu memberikan data diagnosa yang tepat dan sarat perawatan pasien yang lebih akurat.

Menurut survei edelman, AI telah menguntungkan beberapa industri dimana sebanyak 92 persen industri teknologi telah menggunakan teknologi tersebut.

Tak hanya itu, teknologi AI ini mulai banyak berkontribusi dalam mengenali adanya gangguan-gangguan pada server Anda. Baru-baru ini, teknologi AI mulai digunakan untuk membantu mengidentifikasi masalah dan keamanan server.

Yang mana selain untuk menangani gangguan tersebut, AI pun kini dapat digunakan untuk mengotomasi server.

  • Penerapan Kebijakan Keamanan Sistem

Keamanan sistem merupakan bagian yang memegang peranan penting dalam kelangsungan perusahaan Anda terlebih hal tersebut erat kaitannya dengan data-data penting Anda. Namun, Anda pun harus waspada terhadap aneka ancaman cyber yang dapat mengganggu keamanan data Anda.

Ancaman-ancaman cyber seperti phising, virus, malware, dsb, merupakan hal-hal yang patut diwaspadai dalam menjaga keamanan sistem Anda. Lalu, apa yang membuat hal-hal tersebut parut diwaspadai?

Kehilangan data baik yang bersifat pribadi maupun umum yang menyebabkan pada hilangnya keuntungan hingga aktivitas bisnis Anda akan terhambat adalah dua dari beberapa dampak yang ditimbulkan dari serangkaian aneka ancaman cyber yang patut Anda waspadai tersebut.

Menurut survei yang dirilis oleh RSA di tahun 2019 lalu, sebanyak 36 persen responden menyatakan bahwa mereka merupakan korban dari serangan data breach dari orang-orang yang tak dikenal.

Guna mengatasi persoalan tersebut penerapan kebijakan keamanan seperti penggunaan jasa network security milik DELL, Lenovo, HPE, sampai dengan menggunakan infrastruktur IT macam Hyperconverged yang mampu menghemat biaya operasional, mulai diberlakukan oleh masing-masing otoritas mulai dari tingkat organisasi hingga negara.

Kebijakan tersebut diberlakukan tak lain dan tak bukan bertujuan untuk menjaga agar data-data Anda tetap aman dari aneka serangan data breach.

***

Menyimpan data dalam server adalah salah satu hal penting dalam menjaga keamanan data saat tengah menjalankan aktivitas bisnis. Server yang merupakan sebuah peranti hardware atau software yang menerima dan merespon permintaan dalam jaringan. Begitu pula tren-tren server yang berkembang saat ini seperti adanya manajemen keamanan cloud, load balancing dengan AI, dan penerapan kebijakan keamanan sistem, yang mana ketiga tren tersebut dapat Anda jadikan referensi saat ingin meningkatkan performa pernyimpanan server Anda di kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× How can I help you?