Close

February 12, 2020

Tingkatkan IT Security Anda dengan 3 Tips Ini

it-security

Menurut hasil survei SANS, sebanyak 38,6 persen responden survei tersebut menganggap bahwa cyber security merupakan salah satu aspek berisiko tinggi dalam suatu perusahaan bila tidak terus ditingkatkan infrastrukturnya untuk memperkuat sistem cyber security itu sendiri.

IT security yang merupakan serangkaian strategi pengamanan cyber yang mencegah suatu akses terlarang untuk mengendalikan sejumlah infrastruktur IT seperti data, jaringan, dan komputer ini umumnya dimulai dari serangan berbagai macam malware, ransomware, spyware, virus, dsb. Untuk pencegahannya pun biasanya perusahaan menyewa jasa seorang IT Security atau memperbarui infrastruktur IT dan meningkatkan keamanan sistemnya secara berkala.

3 Tips Tingkatkan IT Security

Menjaga keamanan sistem khususnya milik suatu perusahaan tentu bukanlah suatu hal yang mudah. Anda perlu menyiapkan banyak biaya, infrastruktur, hingga melatih pegawai Anda untuk penghematan biaya yang digunakan untuk menyewa jasa IT Security. Agar hal tersebut dapat terlaksana dengan baik di perusahaan Anda, ada beberapa tips yang Anda tingkatkan untuk meningkatkan IT security perusahaan Anda.

Lebih lanjut mengenai tips meningkatkan IT security, berikut ini tips selengkapnya:

  • Kendalikan Akses Data Anda

Keuntungan dari IT security seperti mampu melindungi data baik data perusahaan maupun pribadi Anda hanya bisa perusahaan Anda dapatkan saat keamanan sistem Anda terus terjaga dan ditingkatkan secara berkala. Proteksi terhadap data-data perusahaan Anda dari ancaman cyber dapat dilakukan melalui cara sederhana seperti pembatasan hak akses.

Jika Anda telah mengetahui tentang siapa saja yang memiliki hak akses terhadap data di perusahaan Anda, maka batasilah akses terhdapat data-data yang bersifat penting. Mengapa demikian?

Sebab cara itu merupakan cara yang tepat agar data Anda dapat terhindar dari penyalahgunaan akses dari orang yang Anda percayai maupun orang yang tidak Anda kenal. Yang mana untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat memanajemen keamanan sistem IT Anda dengan cara menerapkan protokol untuk menangguhkan setelah pemutusan kontrak kerja pegawai yang mengelola data-data penting tersebut

  • Edukasi Pegawai Anda dengan Memperbarui Kebijakan Keamanan

Rendahnya edukasi terhadap pegawai di suatu perusahaan terkait dengan upaya meningkatkan keamanan sistem IT berbanding lurus dengan survei yang dirilis oleh SANS dimana sebanyak 62,3 persen responden beranggapan bahwa SDM merupakan salah satu aspek yang berpotensi menimbulkan risiko bagi keamanan sistem IT masing-masing perusahaan.

Semisal, untuk membangun suatu IT security yang mumpuni, maka Anda harus mengeluarkan biaya yang besar untuk membeli infrastruktur IT hingga menyewa jasa seorang IT security untuk menjaga dan mengontrol sistem keamanan IT Anda. Lalu, apa langkah konkret yang bisa perusahaan Anda lakukan untuk dapat mengatasi serangan ancaman cyber dari luar?

Membekali pengetahuan berupa ancaman cyber kepada pegawai Anda yang dapat memicu munculnya data breach seperti ransomware, spyware, phising, dll, adalah salah satu cara terpraktis untuk mengedukasi pegawai Anda seputar jenis-jenis ancaman cyber yang menyerang ke sistem Anda akhir-akhir ini dan adakan pelatihan secara bertahap terkait cara menjaga keamanan sistem IT perusahaan Anda agar pegawai Anda tahu bagaimana cara mengatasi ancaman cyber begitu menemukan indikasi-indikasi adanya data breach.

  • Back-up Data Penting Bisnis Anda

Penyimpanan data pada suatu online storage utamanya data penting perusahaan Anda amat dibutuhkan demi keamanan data Anda. Kebanyakan perusahaan akan menggunakan cloud provider yang telah berpengalaman di bidangnya dan banyak klien yang menggunakan layanan dari provider tersebut. Lalu, apa keuntungannya mem-back-up data pada cloud bagi bisnis Anda?

Keuntungan yang akan Anda dapat dari mem-back-up data-data seperti data accounting, data keuangan, bahkan database user di online storage macam cloud yakni data Anda akan aman, terintegrasi dengan berbagai macam layanan, dan mudah diakses dimanapun Anda berada.

Semisal, saat Anda tengah berada dalam kondisi banjir sementara Anda harus memberikan laporan keuangan Anda pada atasan Anda di pengujung deadline, maka dengan Adanya cloud seperti milik Avolut Anda jadi lebih mudah dalam mengakses dokumen tersebut dan membagikannya kepada orang lain kapanpun Anda ingin membagikannya.

***

Data yang menjadi aset penting bagi setiap perusahaan akan jadi lebih aman dan tidak mudah diserang oleh aneka ancaman cyber dengan cara meningkatkan IT security mulai dari menyewa jasa tenaga IT security, berinvestasi pada hybrid IT infrastructure yang mumpuni, hingga mengedukasi pegawai Anda tentang pemahaman seputar data breach dan cara mengatasinya. Tak hanya itu, mem-back-up data pada cloud provider seperti Avolut yang telah terpercaya dan terbukti berpengalaman di bidangnya dengan banyak klien yang telah memakai jasanya mampu membuat sistem IT security perusahaan Anda jadi lebih aman dan menghindarkan data Anda dari kerentanan bobol.

Kontak kami untuk solusi IT security Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× How can I help you?